26.1 C
Palu
22 Februari 2024
Penguatan Kapasitas

Pelatihan Dokumentasi dan Kampanye Kreatif

Pembela HAM Muda Rumah Belajar

Solidaritas Korban Pelanggaran Hak Asasi Manusia (SKP-HAM) Sulteng menggelar Pelatihan Dokumentasi dan Kampanye Kreatif bagi Pembela HAM Muda dari berbagai Rumah Belajar yang didampingi oleh SKP-HAM Sulteng. Kegiatan ini dihelat pada 3 s.d. 7 Juli 2023 bertempat di Rumah Belajar Poso di Dusun Buyu Katedo Desa Sepe Kecamatan Lage Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah.

Pelatihan diikuti oleh 15 pembela HAM Muda yang mengelola Rumah Belajar Dolo Biromaru, Rumah Belajar Sisere, Rumah Belajar Kulawi, dan Rumah Belajar Poso sebagai tuan rumah. Acara ini difasilitasi langsung oleh Direktur SKP-HAM, Nurlaela Lamasitudju.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan SKP-HAM lainnya dalam rangka menyongsong kesiapan pembela HAM Muda dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masing-masing wilayahnya. Tidak hanya itu, pembela HAM Muda juga diharapkan bisa lebih reaktif terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat.

Pada pelatihan kali ini, peserta secara khusus mendapat materi pendokumentasian yang akan digunakan untuk penyusunan program dokumentasi rumah belajar. Data yang didapatkan dari dokumentasi tersebut kemudian didesain sebagai kampanye kreatif rumah belajar.

Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi dan harapan besar dari peserta, seperti yang dikemukakan salah satu peserta pelatihan.

“Harapan saya kita tidak berhenti sampai di pelatihan ini saja, semoga materi yang telah didapat bisa segera dipraktekkan di masing-masing rumah belajar,” ungkap Fery dari Rumah Belajar Sisere.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pembela HAM muda SKP HAM sebagai lakon pada garda terdepan dalam membangun rumah belajar.***

Tulisan terkait

16 Tahun SKP-HAM Sulawesi Tengah

SKP-HAM Sulteng

Simpulan & Rekomendasi Penelitian dan Verifikasi Korban Pelanggaran HAM Peristiwa 1965/1966 di Kota Palu

SKP-HAM Sulteng

Ragam Tunjangan Bagi Korban 1965/1966 Tersalurkan

Tomzil Prafdal

Tinggalkan Komentar